November 24, 2020

preschoolstjohns

Preschoolstjohns Blog

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Agar Lebih Efektif

Contoh surat lamaran kerja pada umumnya menekankan penulisan yang singkat, padat dan jelas. Namun Anda juga perlu mengetahui ada beberapa hal yang dapat meningkatkan efektifitas surat lamaran kerja Anda dibanding surat lamaran pekerjaan yang dikirim oleh kandidat lainnya. Dengan kata lain, surat lamaran kerja Anda bisa saja memiliki daya saing yang lebih baik dibanding milik pelamar lainnya.

https://www.suratresmi.net/

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Anda Lebih Berkesan

Ya, ada beberapa kiat yang bsia coba Anda terapkan selain sekedar merujuk contoh surat lamaran kerja yang sudah ada saat ini. Jadi saat pelamar lain menggunakan format yang biasa saja, surat lamaran kerja Anda lebih mampu meninggalkan kesan sehingga lebih diperhatikan oleh panitia seleksi maupun HRD. Lalu apa saja tipsnya? Silakan disimak

Tentukan Format Surat Lamaran Kerja

Anda mungkin bisa memilih format surat lamaran secara spesifik sesuai kondisi atau keadaan Anda. Misalnya, Anda bisa menggunakan pengantar yang menjelaskan bahwa Anda melamar berdasar rekomendasi seseorang atau instansi tertentu sesuai dengan posisi yang dilamar. Bisa pula Anda menggunakan format Letter of Interest yang menanyakan adakah posisi lowongan pekerjaan sesuai dengan keterampilan yang Anda miliki.

Tonjolkan Bagian Tertentu

Tak ada salahnya pula Anda menambahkan sedikit sorotan pada CV untuk lebih menonjolkan kemampuan atau keterampilan tertentu yang Anda nilai sangat berguna untuk posisi yang dilamar. Hubungkan pula bagian tersebut dengan portofolio ataupun sampel sehingga lebih meyakinkan perekrut. Dengan begitu, perekrut akan lebih mudah mempertimbangkan CV Anda. Namun ingat untuk menambahkan sorotan ini secukupnya saja, misal 2 atau 3 item ddetail saja.

Buat Lebih Personal

Hindari membuat surat lamaran kerja menggunakan format standar atau penulisan yang sama untuk perusahaan satu dan lainnya. Pastikan bahwa surat lamaran yang Anda tulis cukup personal sehingga lebih berkesan bahwa Anda bnar-benar sesuai dan menguntungkan perusahaan. Anda bahkan bisa membuat daftar kata kunci terlebih dahulu berdasarkan kebutuhan atau requirement yang diumumkan perusahaan. Selanjutnya Anda bisa mengolah kata kunci tersebut untuk menjelaskan bahwa Anda adalah orang yang tepat.

Gunakan Diksi yang Tepat

Meskipun surat lamaran bersifat formal, bukan berarti bahasa yang digunakan terkesan kaku. Pilih kata-kata yang dapat mencerminkan bahwa Anda adalah pribadi yang tepat, profesional, misalnya. Selain menggunakan penulisan sesuai ejaan yang disempurnakan, Anda juga bsia menggunakan beberapa istilah yang relevan dengan bidang yang Anda lamar.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda coba terapkan pada contoh surat lamaran pekerjaan yang dijadikan sebagai referensi. Semoga bermanfaat.